Genta

Mengenal 'King of Cheese' Grana Padano Asal Italia, Keju Favorit Campuran Masakan Indonesia

Berbagai macam jenis keju (ilustrasi). Foto: ECHINACITIES
Berbagai macam jenis keju (ilustrasi). Foto: ECHINACITIES

SENANDIKA.REPUBLIKA.CO.ID — Grana Padano atau sering disebut juga “King of Cheese” adalah keju yang berasal dari Italia Utara. Keju ini sudah dikenal sejak abad ke-12. Grana Padano dibuat dari susu skim milk yang tidak terpasteurisasi, tapi difermentasi selama dua tahun lamanya sehingga menghasilkan rasa keju yang mature. Disebut Grana Padano karena memiliki tekstur yang terdiri dari butiran (Grana).

Mi Instan, Lebih Sehat dari Proses Produksi Goreng atau Oven?

“Keju sudah banyak digunakan sebagai bahan baku utama atau sekedar pelengkap di berbagai olahan makanan di Indonesia,” kata finalis MasterChef Indonesia Season 9, Devy Anastasia dalam keterangan tertulisnya, dilansir Jumat (30/6/2023).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Devy mengambarkan Grana Padano memiliki rasa yang gurih dan asin, sehingga mudah diterima oleh lidah masyarakat Indonesia. Menurut dia, keju ini cocok dikombinasikan makanan dengan rasa manis dan pedas. Selain rasanya enak, keju Grana Padano memiliki banyak manfaat, seperti sumber protein dan kaya kalsium.

Dok OT Group
Dok OT Group

Protein penting untuk memperbaiki jaringan, membangun otot, dan menjaga kesehatan umum. Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang sehat, menjaga fungsi otot yang normal, dan menjaga kesehatan gigi.

Penyedia pelaporan riset pasar strategis terkemuka di dunia Euromonitor mencatat penjualan keju di Indonesia telah tumbuh lebih dari 150 persen pada 2018 hingga 2022. Angka ini menunjukkan bahwa produk olahan susu itu semakin digemari di Tanah Air.

Masyarakat Indonesia, terutama generasi milenial dan generasi Z (gen Z) adalah kelompok konsumen yang paling banyak mengonsumsi jenis makanan ringan. Menurut Statista Market Insight, 55 persen konsumen makanan ringan di Indonesia adalah kelompok milenial dan gen Z.

Market size industri makanan ringan di Indonesia pada 2023 diperkirakan sebesar 7,84 miliar dolar AS (sekitar Rp 118 triliun). Industri ini masih menjanjikan,” ujar Head of Corporate and Marketing Communication OT Group, Harianus Zebua.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Idol - Answer: Love Myself - BTS - Cat