Spotify Wrapped Rilis Kategori Baru Sound Towns
SENANDIKA.REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Spotify Wrapped sudah bisa diakses oleh para pengguna setianya. Kali ini, Spotify membawa pengguna aplikasinyanya untuk merasakan selera musik yang dikemas mengggunakan sound towns.
Tradisi tahunan Spotify biasanya menampilkan sekumpulan statistik yang menunjukkan kepada 574 juta pengguna platform deretasn artis, lagu, hingga genre musik yang paling sering didengar. Dalam versi terbaru 2023, platform ini telah menambahakan sound towns yang menggolongkan penggunanya dalam sebuuah kota di dunia nyata.
Tambahan baru dalam Spotify Wrapped ini memberikan pengguna di seluruh dunia letak posisi yang sangat spesifik. Kota-kota ini diajukan kepada penggunanya berdasarkan tentang ketertarikan masing-masing akun terhadap lagu dan artis tertentu pada 2023. Sebelumnya, fitur Spotify hanya bisa menampilkan lima kota yang memiliki pendengar terbanyak bagi artis favorit.
Baca Juga: Pengikut Instagram Masterchef Indonesia Turun Sampai 19 Ribu, Mengapa?
Spotify menyatakan sound towns menyoroti kota yang memiliki profil selera paling mirip dengan penggunanya. Untuk menemukan tambahan ini, pengguna harus mengetuk slide ketiga Spotify Wrapped untuk menampilkan hasilnya. Pengguna nantinya dapat dengan mudah membagikan sound towns langsung ke platform media sosial pilihan yang sudah disediakan.
Kepala pengalaman pemasaran global Spotify Louisa Ferguson mengatakan, Spotify Wrapped tahun ini terinspirasi oleh kekacauan internet. “Setiap tahun rasanya dunia bergerak lebih cepat,” ujarnya dikutip dari Independent.
“Internet menyatu dengan kehidupan nyata. Ada sesuatu dalam setahun terakhir ini yang terasa sangat kacau sehubungan dengan cara orang mengonsumsi budaya. Kami sangat ingin mengakui perasaan itu karena terasa sangat akurat hingga 2023,” kata Ferguson.