Lentera

Material Alien Ditemukan Ilmuwan, Ada yang Mengkritik

Dok.istimewa

SENANDIKA.REPUBLIKA.CO.ID — Para ilmuwan mengklaim telah menemukan material yang berasal dari luar tata surya untuk pertama kalinya dalam sejarah. Fisikawan Harvard yang khusus meneliti alien, Profesor Avi Loeb, mengatakan analisis awal terhadap pecahan logam yang ditemukan timnya dari Samudera Pasifik pada bulan Juni menunjukkan bahwa pecahan tersebut berasal dari ruang antarbintang.

Sisa-sisa tersebut berasal dari benda mirip meteor yang jatuh di lepas pantai Papua Nugini pada tahun 2014, namun Profesor Loeb tidak menutup kemungkinan bahwa benda tersebut mungkin merupakan pecahan pesawat alien.

Profesor Loeb juga berteori bahwa karena kombinasi BeLaU memiliki 'elemen berat yang melimpah', pecahannya bisa saja terlontar dari supernova atau penggabungan bintang neutron.

Scroll untuk membaca

Namun, pola tersebut dikaitkan dengan 'proses' yang menunjukkan bahwa puing-puing tersebut berasal dari asal yang independen, seperti bintang Asymptotic Giant Branch (AGB).

Bintang AGB adalah tahap evolusi akhir dari bintang bermassa rendah dan menengah yang didorong oleh pembakaran nuklir.

Penelitian Profesor Loeb di masa depan berencana untuk mengungkap teka-teki tersebut.

Selama bertahun-tahun, dia berpendapat bahwa Bumi mungkin telah dikunjungi oleh teknologi antarbintang. Pada tahun 2017, sebuah objek antarbintang bernama Oumuamua melewati Tata Surya, dan meskipun sebagian besar ilmuwan percaya bahwa itu adalah fenomena alam, Profesor Loeb saat itu terkenal dengan pendapatnya yang menyatakan bahwa objek tersebut mungkin berasal dari luar angkasa.

Setelah penemuan Oumuamua pada tahun 2017, Profesor Loeb berteori, meskipun banyak dikritik, bahwa lebih banyak objek antarbintang yang kemungkinan besar melesat melewati Bumi.

Dia dibenarkan pada tahun 2019 ketika seorang siswa menemukan bahwa bola api berkecepatan tinggi pada tahun 2014, meteor IM1, juga berasal dari antarbintang, sebelum Oumuamua.

Namun rekan penelitinya telah lama mengkritik Profesor Loeb. Steve Desch, ahli astrofisika di Arizona State University, mengatakan kepada The New York Times bahwa orang-orang telah muak mendengar klaim liar Avi Loeb.

'Ini mencemari ilmu pengetahuan yang baik, menggabungkan ilmu pengetahuan baik yang kita lakukan dengan sensasionalisme konyol dan menyedot semua oksigen keluar dari ruangan,” kata Desch, dikutip dari Daily Mail.

Komentar tersebut turut disertakan Profesor Loeb dalam postingan Mediumnya. Ia sekaligus menanggapinya dengan menyebut bahwa ia berharap 'para astronom ini bahagia dan sejahtera’.

“Sekarang setelah kami menemukan bola dengan komposisi ekstra-surya di dekat jalur IM1, mereka sebaiknya menarik kembali klaim yang telah dipublikasikan bahwa Komando Luar Angkasa AS melebih-lebihkan kecepatan IM1 dengan faktor yang besar dan bahwa IM1 adalah meteorit berbatu dari tata surya,” tulis dia.

Menurut dia, kita sekarang tahu bahwa IM1 adalah antarbintang. Daripada menolak data, lebih baik mereka merevisi modelnya.

Adapun para ilmuwan Harvard menghabiskan waktu bertahun-tahun bekerja sama dengan militer AS untuk menentukan zona dampak, menyisir data untuk menentukan apakah dan kapan benda tersebut jatuh dari luar angkasa.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini