Lentera

Mengenal Rekam Jejak Suzuki Grand Vitara

JAKARTA--Pada tahun 90-an, Suzuki sempat meramaikan pasar SUV lewat produk Vitara. Tapi, SUV itu sempat tak lagi dipasarkan pada 2018.

Kini, pada 2023, pabrikan Jepang itu pun kembali memasarkan produk ikonik itu lewat produk Grand Vitara. Lewat produk tersebut, Suzuki ingin mengakomodasi kebutuhan SUV yang lega, stylish dan canggih.

Secara historis, pada awal kehadiranya pada tahun 90-an, Vitara hadir sebagai SUV kompak. Kemudian, Suzuki melakukan regerenasi dengan mengembangkan SUV lewat peluncuran Suzuki Grand Vitara 2.0 pada tahun 2006 silam.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lewat sasis dan mesin baru, Grand Vitara 2.0 memiliki sederet fasilitas yang canggih di jamannya seperti mesin 2 liter berkemampuan 144 daya kuda dan torsi sebesar 183Nm. Hal itu pun membuat Grand Vitara 2.0 menjadi SUV yang tidak terkalahkan di kelasnya.

Tahun 2009, Suzuki melakukan penyegaran dengan membawa Grand Vitara Facelift yang dibekali mesin 2,4 liter bertenaga 166 daya kuda dan torsi 225 Nm . Suzuki mengusung desain interior yang lebih mewah seperti nuansa lapisan kulit sebagai seat cover, juga dilengkapi fitur-fitur terkini untuk menunjang pengalaman berkendara yang lebih berkelas.

Suspensinya yang kokoh membuat Grand Vitara menjadi SUV stabil dan tidak limbung. Baru pada tahun 2012, Suzuki kembali melakukan facelift dengan mengubah tampilan eksteriornya. Namun pada tahun 2018, Suzuki Jepang menghentikan produksi Grand Vitara sehingga Suzuki Indonesia juga turut menghentikan penjualannya pada tahun yang sama.

Tahun 2023 ini, Suzuki kembali meluncurkan Grand Vitara yang sudah dilengkapi teknologi hybrid dan disesuaikan dengan demand dari konsumen dan pasar di Indonesia. Produk Grand Vitara Hybrid berwajah yang baru ini akan hadir dengan sentuhan desain yang berbeda, karena menampilkan desain lebih modern dipadukan aksen krom pada bingkai yang membuat wujud SUV ini lebih bold dan sporty.

Sales Marketing Director Suzuki Indonesia, Matsushita Ryohei menyampaikan bahwa hadirnya Grand Vitara di Indonesia merupakan sebuah wujud komitmen kuat dari Suzuki dalam mengakomodir kebutuhan masyarakat Indonesia akan SUV pintar dengan kualitas terbaik yang dilengkapi kemajuan teknologi.

“Saat ini, ada pergerakan trend dan kebutuhan di industri otomotif dengan mendominasinya SUV di Indonesia. Selain itu, kesadaran masyarakat terhadap kendaraan yang ramah lingkungan juga terus meningkat. Dengan studi komprehensif dan mendalam, kami berinovasi memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut dengan menghadirkan kembali salah satu SUV bersejarah milik Suzuki yaitu Suzuki Grand Vitara yang menawarkan SUV premium yang dilengkapi dengan fitur terbaru yang canggih serta teknologi elektrifikasi sehingga penggunaan bahan bakar akan lebih efisien ,“ kata Matsushita.

Produk yang jadi bintang dalam booth Suzuki Indonesia di IIMS 2023 ini sendiri merupakan SUV yang dibekali dengan 15 unique selling point, (USP) seperti mesin K15C Dual Jet yang dibekalo teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), Panoramic Sunroof, Auto-dimming Center Mirror, Audio Voice Recognition, serta Autolight with Guide Me Light.

Dalam melakukan pengembangan produk ini, Suzuki juga mengungkap bahwa SUV berkemampuan 102 daya kuda dan torsi 136,8 Nm dengan transmisi 6-speed with paddle shift ini Suzuki juga telah melalui tahapan penentuan STP (segmentasi, target, dan positioning) dari produk tersebut ketika hendak masuk ke Indonesia.

Setelah itu, baru diejewantahkan mulai dari creative works, key visual, tagline, serta 360 degree activationnya. Lewat beragam tahapan itu, Suzuki meyakini Vitara bisa kembali lahir sebagai produk SUV yang tangguh dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image