Lentera

Alasan Millenial dan Generasi Z Lebih Pilih Produk Ramah Lingkungan, Meskipun Mahal

Ilustrasi sejumlah anak muda menyerukan kesadaran terhadap lingkungan.

SENANDIKA.REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Produk ramah lingkungan dengan harga premium ternyata memiliki daya tahan pasar yang tinggi, meskipun mahal. Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya, Fathony Rahman menjelaskan bahwa strategi pemasaran dengan fokus pada keberlanjutan (sustainability) dapat menjadi langkah yang tepat bagi bisnis.

Menurut Fathony, produk-produk berkelanjutan biasanya masuk ke pasar premium. Ini berarti bahwa konsumen yang membeli produk tersebut tidak hanya mencari harga terjangkau, tetapi juga kualitas dan atribut keberlanjutan. Konsumen di era millennial dan generasi Z cenderung mencari produk yang sadar akan keberlanjutan, di mana mereka bersedia membayar lebih untuk produk yang ramah lingkungan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Anak-anak generasi millennial dan Z ini sangat-sangat conscious (sadar), aware (paham) dengan hal-hal seperti ini,” kata Fathony dalam keterangannya di Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Bags City Mengajak Travelers Menjelajahi Dunia dengan Kesadaran Lingkungan

Dalam sebuah riset yang baru-baru ini dilakukan di Amerika, terungkap bahwa di tengah kondisi ekonomi sulit dengan tingginya inflasi, memiliki produk yang berkelanjutan membantu perusahaan menjaga pelanggan. Konsumen yang sadar akan keberlanjutan cenderung lebih setia dan kurang sensitif terhadap kenaikan harga. Hal ini berbeda dengan produk konvensional yang dapat kehilangan pangsa pasar secara signifikan ketika harga naik.

Fathony menekankan perusahaan yang mengklaim memiliki atribut keberlanjutan seharusnya tidak menjual produknya dengan harga murah. Harga yang lebih tinggi sejalan dengan atribut keberlanjutan yang menjadi daya tarik bagi konsumen. Konsumen yang menghargai keberlanjutan cenderung lebih setia. Mereka melihat harga premium sebagai investasi untuk mendukung produk dan praktik bisnis yang berkelanjutan.

Tahun 2023 menandai pencapaian kelima kalinya Mowilex meraih sertifikasi CarbonNeutral® secara beruntun.

Presiden Direktur dan CEO Mowilex Indonesia, Niko Safavi mengungkapkan strategi perusahaan bertumpu pada dua pilar utama, yaitu menghasilkan produk berkualitas tinggi dan memprioritaskan produksi yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Dalam lebih dari setengah abad keberadaannya, Mowilex telah dikenal sebagai pemimpin di industri cat berkualitas. Namun, saat ini, perusahaan berambisi untuk dikenal juga sebagai pionir dalam tanggung jawab lingkungan.

Niko menyoroti komitmen Mowilex dalam mengurangi dampak lingkungan dengan mengimbangi emisi karbon operasional perusahaan menjadi nol selama lima tahun berturut-turut. Ini menunjukkan langkah konkret perusahaan dalam mendukung upaya global untuk mempertahankan lingkungan yang sehat.

“Mowilex yakin bahwa pelanggan kami, baik pemilik rumah, toko lokal, para generasi muda, atau pengembang proyek pemerintah, akan memperhatikan dan menghargai upaya ini,” ujar Niko.

Meskipun telah menetapkan standar tinggi dalam praktik bisnisnya, Niko juga menggarisbawahi bahwa untuk mencapai perubahan yang nyata, dukungan dari semua pihak di pasar sangatlah penting. Dukungan ini akan memberikan dorongan bagi Mowilex untuk terus berinvestasi guna meraih tujuan jangka panjang perusahaan, sekaligus mendukung inisiatif Indonesia dalam mengurangi emisi.

Tahun 2023 menandai pencapaian kelima kalinya Mowilex meraih sertifikasi CarbonNeutral® secara beruntun. Dengan mengantongi sertifikasi CarbonNeutral® ini, Mowilex tidak hanya berhenti pada penghitungan dan penimbangan emisi scope 1, 2, dan 3.

Lebih dari itu, melalui proyek offset yang mendukung nilai-nilai perusahaan, Mowilex menjunjung standar terverifikasi tertinggi, mendukung berbagai Sustainable Development Goals (UN SDGs), mempromosikan energi terbarukan, dan mewujudkan dampak positif di komunitas lokal. Perusahaan bahwa setiap emisi dihitung, diverifikasi, dan di-offset sesuai dengan Carbon Neutral Protocol, menjadi satu elemen krusial dalam portofolio upaya Mowilex dalam ranah Environmental Social Governance (ESG).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Idol - Answer: Love Myself - BTS - Cat