Lentera

Gen Z Indonesia Capai 75 Juta Jiwa, Apa Topik Pembicaraan Favorit Mereka?

Generasi Z tertarik membicarakan soal teknologi dan isu sosial (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebagai generasi yang mendominasi jumlah penduduk Indonesia, populasi Gen Z saat ini telah mencapai 75 juta jiwa atau 28 persen. Ini membuat semua orang tertarik untuk mengetahui seperti apa topik pembicaraan favorit mereka.

Melihat dakta bahwa mereka lahir dan tumbuh di era digital, tentu menjadikan Gen Z lebih melek teknologi, tanggap informasi, peka, serta berani merespon berbagai hal yang terjadi. Tentunya teknologi akan menjadi salah satu topik yang bakal dibicarakan kalau mereka sedang kumpul.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sementara itu, Indonesia Gen Z Trend Report 2022 menyebutkan, isu sosial juga menjadi salah satu minat terbesar Gen Z dan menjadi topik yang mereka ikuti di media sosial.

Gen Z percaya bahwa mereka bisa mengubah dunia menjadi lebih baik dengan ikut mengatasi kesenjangan sosial, dan mengupayakan keberlanjutan melalui berbagai aksi sosial.

“Mereka terpapar derasnya informasi serta berbagai konten secara terus menerus,  menjadikan mereka lebih peka dan memiliki kepedulian terhadap berbagai permasalahan sosial di masyarakat,” ujar General Manager Brand Investment & Consumer Engagement Marina, Elfia Rahmi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/10/2023).

Semangat Gen Z yang ingin membawa perubahan positif di masa depan ini, diwadahi dalam Marina Beauty Journey ke-13. Acara ini mengajak para perempuan muda yang memiliki pola pikir yang peka serta kepedulian yang tinggi (thoughtful mindset), agar semakin bersinar melalui semangat #BeTheBeautifulChange.

Agar tidak asal menerima derasnya informasi, #BeTheBeautifulChange akan menguatkan mereka agar lebih selektif dalam menyerap informasi dan konten positif. “Sehingga mereka bisa membawa perubahan positif di masa depan untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar,” ucap Elfia.

Sejak awal pelaksanaan di 2011, program Marina Beauty Journey telah melibatkan partisipasi lebih dari 200 ribu perempuan muda Indonesia. Marina Beauty Journey merupakan ajang aktualisasi diri bagi perempuan muda Indonesia untuk menggali serta memaksimalkan potensi diri mereka, agar menjadi pribadi yang bersinar dan menginspirasi.

Setiap tahunnya terpilih 20 perempuan muda Indonesia sebagai Bintang Marina. Pendaftaran Marina Beauty Journey 2023 masih terbuka hingga 5 November 2023. Mengenai rangkaian kegiatan Marina Beauty Journey dapat dilihat pada website Marina: www.sahabatmarina.com/beautyjourney/.