Genta
Survei: Gen Z Terpapar Isu Dunia yang Membuat Mereka Mengutamakan Nilai Kekeluargaan
SENANDIKA.REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dikenal sebagai native di era digital, gen z sudah terpapar isu dan tren dari berbagai belahan dunia melalui smartphone dalam genggaman.
Hal itu membuat gen z merasa memiliki kepekaan dan kewajiban besar untuk ikut bergerak dan turut ambil bagian terhadap berbagai kejadian di dunia, dengan cara mereka sendiri.
Kondisi tersebut semakin diperkuat dengan hasil riset HILL ASEAN Study 2021 yang mengungkap bahwa gen z ternyata memang mengutamakan nilai-nilai kekeluargaan maupun komunitas.
Mereka tumbuh menjadi The Synergizers atau generasi harmonis yang mampu menciptakan keseimbangan dalam diri mereka, dan bercita-cita untuk memberikan pengaruh positif pada dunia di sekitar mereka.
“Saat ini, gen z memaknai hidup dengan tidak mementingkan kebahagiaannya sendiri,” ujar psikolog yang juga juara Bintang Marina 2022, Lestri Kusumah, dalam Marina Beauty Journey dengan tema #TogetherWeShine di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Ia mengatakan, gen z menemukan kebahagiaan dalam penerimaan dan kehidupan yang harmonis dengan orang yang mereka cintai, dengan tetap setia pada diri sendiri.
“Semua ini tercermin dalam cara gen z membayangkan kehidupan ideal dan mencari keseimbangan antara kebahagiaan pribadi dan kepuasan batin,” ujar Lestri.
Aktris dan penyanyi Mawar De Jongh juga mengungkapkan pandangannya mengenai gen z, terutama perempuan. Ia menyebut Marina Beauty Journey bisa menjadi salah satu inspirasi bagi kaum perempuan.
“Saya ingin mengajak perempuan muda Indonesia untuk turut andil dalam memberikan dampak positif bagi sekitar, dengan mengikuti program Marina Beauty Journey tahun ini yang bertema #TogetherWeShine,” ungkap Mawar.
Marina Beauty Journey sudah hadir di tahun ke-14, mendorong perempuan muda Indonesia untuk memaknai hidup dalam kebersamaan dan bersinergi dengan potensi yang tak terbatas.
General Manager Brand Investment & Consumer Engagement Marina, Elfia Rahmi menjelaskan, Marina memahami fakta bahwa gen z memiliki kesadaran untuk memperhatikan nilai-nilai penting yang ada di kehidupan mereka.
Seperti membangun keharmonisan dalam hidup, menciptakan kehidupan ideal melalui kepuasan batin, serta cara mereka menghargai dan mencintai diri sendiri, sehingga bisa memancarkan energi positif untuk membina hubungan yang lebih bermakna dengan orang lain di sekitarnya.
“Tahun ini kami juga mengangkat semangat cinta budaya lokal, sebagaimana value Marina yang merupakan produk lokal asli Indonesia. Dan sebagai bagian dari upaya dalam menumbuhkan kebanggaan untuk turut mendukung dan melestarikan nilai-nilai luhur asli Indonesia,” kata Elfia Rahmi.
Hingga di tahun ke-14 pelaksanaannya, program Marina Beauty Journey telah melibatkan partisipasi lebih dari 200 ribu perempuan muda Indonesia. Marina Beauty Journey secara konsisten hadir sebagai wadah, sekaligus ajang aktualisasi diri bagi perempuan muda Indonesia untuk menggali serta memaksimalkan potensi mereka, agar menjadi pribadi yang bersinar dan menginspirasi.
Setiap tahunnya, terpilih 20 perempuan muda Indonesia untuk mendapatkan titel sebagai Bintang Marina. “Nantinya dalam kegiatan Marina Beauty Journey kami mengajak Bintang Marina terpilih untuk berinteraksi langsung dengan komunitas lokal dan menginspirasi mereka agar ikut bersinar bersama,” tambah Elfia Rahmi
Pendaftaran Marina Beauty Journey 2024 terbuka untuk semua perempuan muda yang memiliki pengalaman atau ide kolaborasi seru, untuk mendukung semangat cinta budaya lokal mulai dari 3 April hingga 3 Juli 2024.